Jumat, 14 April 2017

Latihan Pemanasan Vokal

Buat kamu yang gemar bernyanyi dan mempunyai suara yang merdu mungkin pernah mengalami kejadian dimana nyanyian kamu menjadi jelek padahal kamu mempunyai suara yang merdu. Bagaimana bisa hal itu terjadi? Mungkin kamu tidak melakukan pemanasan. Sebelum bernyanyi kamu wajib melakukan pemanasan. Hal ini bertujuan agar pita suara dan organ yang berperan dalam menyanyi tidak kaget. Berikut adalah cara sederhana untuk latihan pemanasan vokal.

1. Hamming
Hamming adalah membuat dengungan dengan mulut tertutup rapat. Keluarkan bunyi nada mulai dari yang paling rendah sampai bunyi nada yang paling tinggi yang bisa kamu capai. Lakukan hamming sebanyak 2x. saat melakukan hamming, jangan memaksakan diri untuk mencapai nada tinggi yang tak bisa kamu capai. Lakukan semampumu saja, hamming dapat membuat tenggorokan dan rongga hidung lebih terbuka dan lebih siap dipakai untuk bernyanyi
.
2. Latihan pernafasan
Pernapasan memang penting dalam bernyanyi. Kamu harus bisa mengatur napas dengan baik kalau ingin menghasilkan suara yang lebih stabil dan merdu. Teknik pernapasan yang baik adalah pernapasan diafragma. Yaitu dengan cara mengembangkan rongga perut dan tulang rusuk saat menagmbil napas. Lakukan cara ini berulang-ulang.

3. Melafalkan huruf vokal
Selain hamming, latihan pemanasan vokal selanjutnya adalah dengan membuka mulut lalu melafalkan huruf-huruf vokal A, I, U, E, O. Lafalkan dengan menggunakan nada supaya bibir, mulut, rahang lebih terbuka. Pemanasan yang satu ini tergolong mudah dan hanya butuh beberapa menit saja untuk melakukannya.

4. Mulai dengan lagu bernada rendah
Kalau kamu sudah melakukan 3 cara diatas untuk latihan pemanasan vokal diatas, maka kamu bisa mulai menyanyi. Sebaiknya kamu menyanyikan lagu yang mempunyai bernada rendah terlebih dahulu. Jika sudah selesai menyanyikan lagu dengan nada rendah, selanjutnya kamu bisa menyanyikan lagu yang mempunyai nada yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Lakukan hal ini secara bertahap, jangan langsung loncat ke nada yang tinggi. Dengan belajar vokal di Yamaha Music Indonesia, kamu akan diajarkan pemanasan vokal yang baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar