Selasa, 25 Maret 2014

Pentingnya Kritik Dalam Bermusik

Jika anda kesulitan dalam menilai diri sendiri secara objektif, maka anda membutuhkan kritik dari banyak orang. Kritik berfungsi membuat kemampuan anda terus berkembang. Kritik juga mengingatkan anda akan perlunya sebuah target dan kerja keras dibalik semuanya. Kritik memang terkadang menyakitkan, namun hanya dengan tempaan keraslah, seorang musisi bisa terus belajar dan akhirnya mendapatkan kesuksesan.

Kritik bisa hadir tanpa diduga, bisa datang dari manajer band, penggemar, maupun ktritikus, namun jumlahnya pasti sedikit. Akan lebih baik jika anda secara langsung meminta senior atau teman anda untuk mendengarkan anda ketika melakukan pertunjukan. Mintalah dia untuk secara jujur mengungkapkan titik lemah anda, buatlah dia percaya anda tidak akan marah dan baik-baik saja meskipun mendengar komentar buruk.

Kritik dari seseorang yang kita minta, biasanya akan disampaikan dengan nada yang lebih lembut. Baru kemudian mengungkapkan kekurangan kita. Biasakan diri anda mendengar pujian lalu kemudian celaan. Dari sana kita bisa belajar, bagaimana caranya menciptakan penampilan yang baik dan menutupi kekurangan anda. Seorang gitaris misalnya, saat bermain gitar mintalah kritikan tentang cara bermain gitar.

Dengan hal itu anda bisa belajar bagaiamana memetik senar dengan baik. Bagaimana menciptakan musik yang enak. Sebaiknya jangan hanya meminta kritik pada satu orang. Lebih banyak kritik akan lebih bagus. Namun perlu diingat jangan sampai kritik tersebut merubah karakter anda. Jadilah diri sendiri, beli gitar mainkan dengan gaya anda sendiri, tapi tetap terbuka dengan kritik. Ingat hanya kritik dalam bermain musik yang perlu anda dengarkan dengan seksama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar